Minggu, 13 Agustus 2017

Bahaya Mengkonsumsi Alkohol Setiap Hari

Alkohol tentu memiliki dampak pada kesehatan, terutama setiap hari. Nah, studi terbaru mengatakan bahwa minum alkohol setiap hari dapat meningkatkan risiko kanker kulit.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam British Journal of Dermatology, sepuluh gram alkohol yang dikonsumsi sehari-hari dapat meningkatkan risiko karsinoma sel basal (KSB) sebesar tujuh persen dan karsinoma sel skuamosa kulit (CSCC) sebesar 11 persen. www.carakuhidupsehat.com

"Ada dua kemungkinan jenis dua jenis kanker non-melanoma," kata Yen H T H Chan Harvard School of Public Health.

Dalam studi tersebut, peneliti melakukan meta-analisis dan mengkaji temuan 13 studi yang membandingkan 91.942 kasus BCC dan 3299 kasus CSCC. Hal ini dilakukan untuk menentukan hubungan antara konsumsi alkohol dan kejadian kanker kulit non-melanoma.

"Meta-analisis menemukan bahwa konsumsi alkohol dengan dosis tertentu dikaitkan secara positif dengan CCC dan risiko CSCC, tetapi hasil ini harus ditafsirkan dengan hati-hati karena mereka dapat membingungkan," mengutip Indian Express Yen mengatakan.

Karena alkohol masih bisa diubah, peneliti menyarankan bahwa orang-orang terus konsumsi alkohol mereka untuk mengurangi risiko kanker non-melanoma.

Sementara itu, Eunyoung Cho, ScD, dermatologi dan ahli epidemiologi Warren Alpert Medical School of Brown University mengatakan beberapa waktu lalu bahwa alkohol adalah zat yang menyebabkan beberapa jenis kanker.

"Alkohol telah lama dikenal sebagai karsinogen, tetapi perannya terhadap penyebaran dan perkembangan sel-sel kanker masih diselidiki, khususnya kanker kulit yang tidak memiliki kontak langsung dengan alkohol," kata Cho.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar